Linda Afriani, Tokoh Pemberdaya Perempuan di Yogyakarta

Published by lindaafriani on

Linda Afriani, Tokoh Pemberdaya Perempuan di Yogyakarta

Pemberdayaan perempuan adalah usaha untuk mencapai kesetaraan gender dengan cara meningkatkan kualitas perempuan dan memberikan perempuan kesempatan untuk bersaing khususnya dalam hal ekonomi.

Selama ini perempuan dicap sebagai makhluk yang dependen dan tidak memiliki kuasa penuh baik atas dirinya sendiri maupun atas hal-hal yang menjadi kepemilikannya seperti dalam hal keluarga, pendidikan, ekonomi dan sebagainya. Pemberdayaan perempuan dilakukan agar para perempuan mendapatkan hak yang setara dengan laki-laki sehingga diharapkan akan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh warga negara Indonesia.

Adalah Linda Afriani, seorang ibu rumah tangga lulusan Sarjana Ekonomi yang menjadi salah satu dari beberapa tokoh pemberdaya perempuan di Yogyakarta. Selain menjadi sesosok muslimah-preneur yang sukses, Linda juga menjadi advokat bagi para perempuan-perempuan yang tidak memiliki kebebasan dalam bekerja dan mengembangkan diri dengan alasan budaya atau nilai-nilai yang membatasi.

Baca Juga: Milenial Parents Harus Ajari Anak Suka Berbagi
“Manusia, perempuan dan laki-laki, memiliki hak yang sama untuk mengembangkan diri dan bermanfaat bagi keluarga dan orang-orang di sekitarnya”, tutur Linda.

Beberapa usaha yang saat ini Linda lakukan adalah:

  • Memberikan pendidikan bisnis
  • Memberikan pelatihan menjahit
  • Memberikan pelatihan membuat batik
  • Memberikan pendampingan penjualan online
  • Membuka program kelas bisnis digital bernama Kampung Online
  • Memberikan pembekalan UMKM
  • Memberikan bimbingan usaha
  • Memberikan seminar motivasi di berbagai daerah seperti di Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo  

“Tentu saja saya tidak melakukannya sendiri. Banyak teman-teman khususnya yang bergabung di Yayasan Jogjakarta Berdaya juga membantu dan mendukung gerakan-gerakan yang saya lakukan”, tangkas Linda.

Linda percaya usaha-usaha yang ia lakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dari perempuan itu sendiri sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas kehidupan mereka menuju kesejahteraan.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *